Rabu, 08 Agustus 2012

Rover penjelajah planet mars dan kameranya




Rasa keingintahuan meningkat di Bumi karena rover baru mendarat di Mars pagi ini (06-08-2012). Foto di atas adalah salah satu foto-foto pertama yang diambil oleh rover dan dikirimkan kembali ke Bumi. Diambil melalui lensa wide-angle fisheye, foto landscape menggambarkan  kerikil di latar depan dan tepi Kawah Gale (rumah baru rover) di kejauhan.

Gambar akan pecah di daerah atas karena kamera mengarah lurus ke matahari. Tidak seperti kamera penduduk di bumi, kamera (Hazcams) pada rover tidak rusak oleh matahari.

"gear bag" rover tidak terbatas pada kamera satu-megapiksel. Setelah menetap di rumah barunya (mars), insinyur NASA akan menggunakan kamera yang lebih bagus.

Kamera Mast (Mastcam) paket dua-megapixel sensor akan digunakan untuk memotret foto berwarna dan resolusi tinggi menggunakan lensa 34mm panorama dan 100mm:

Secara total, ada 17 kamera pada rover.

12 dari mereka adalah kamera mesin: delapan Hazcams dan empat kamera navigasi (Navcams). Setengah dari mereka adalah cadangan jika kamera utama gagal.

Ada juga sejumlah kamera lain yang digunakan untuk tugas tertentu. Kimia dan Kamera (ChemCam) akan digunakan untuk mengambil foto dari obyek yang jauh, sedangkan Tangan Mars Lens Imager (Mahli) - terletak di sebuah Inspector Gadget seperti lengan - akan digunakan untuk mengambil foto makro batuan dan tanah.


Dan berikut beberepa foto rover








Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar